Follow by Email

Kamis, 25 Agustus 2011

MACAM-MACAM KUALITAS PARFUM



MACAM-MACAM KUALITAS PARFUM

SIAPA YANG nggak pernah pake parfum?Pasti semuanya pernah, kecuali memang mau bau badannya apek.Tapi pernah ada yang mau tahu soal pilihan dan jenis parfum?Biar nggak salah pakai atau salah wewangian.

TERKADANG orang memakai parfum dengan pemakaian yang berlebih, hanya karena menginginkan khas wewangian badannya tercium oleh orang di sekitarnya.Tak jarang baik siang ataupun malam orang tersebut menggunakannya dengan porsi yang selalu di tambah-tambahkan.

Kalau merunut pengertian dari minyak wangi atau parfum itu sendiri adalah, minyak hasil ekstraksi dari tumbuh-tumbuhan yang dipadukan dengan beberapa zat kimia serta air, yang diracik dan mengeluarkan wewangian.

Parfum sendiri terkadang sebagai salah satu pelengkap di meja rias kita, terlebih bagi seorang wanita.Tetapi zaman sekarang ini, tak hanya wanita saja, pria pun tak malu-malu lagi menggunakannya.

Jenis-jenis Minyak wangi terdiri dari 4 macam yaitu:

• Eau de Cologne (EDC)
Ini merupakan jenis wewangian paling ringan. Itu karena kadar alkoholnya paling tinggi dan hanya terdapat sekitar 5 persen campuran essence. Tidak heran kalau wanginya pun cepat menguap.Namun, meski tergolong ringan, cologne tetap banyak dipilih karena terkenal memiliki aroma yang dapat menyegarkan tubuh hingga 2-3 jam. Cocok digunakan sehabis mandi seperti body spray dan body splash.

• Eau de Toilette (EDT)
Wewangian ini satu tingkat lebih tinggi di atas cologne. Kadar alkoholnya juga tinggi, walaupun tidak setinggi cologne, sementara kadar essence-nya hanya berkisar 12 persen. Bila ingin mencari kesegaran yang bisa bertahan cukup lama, jenis wewangian ini merupakan pilihan yang paling ideal, karena aromanya ringan, tidak terlalu tajam serta awet hingga 6-12 jam, cocok untuk segala suasana.

• Eau de Perfume (EDP)
Wanginya cukup tahan lama hingga 24 jam. Jenis wewangian yang satu ini memiliki kadar alkohol sedikit sementara kadar essence-nya berkisar 15 hingga 22 persen. Oleh sebab itu, aroma wanginya cukup kuat dan tahan lama sehingga lebih sesuai digunakan di malam hari, terutama untuk menghadiri acara formal.

• Perfume
Dari semua jenis wewangian, ini dia yang paling awet dan bisa bertahan hingga 48 jam.Kadar aromanya mencapai 22 persen dan asli tanpa campuran alkohol.Tidak perlu terlalu banyak memakai jenis wewangian ini karena wanginya sudah bisa tercium dari jarak yang cukup jauh.

Dengan mengetahui jenis-jenis parfum ini, mungkin sekarang kita dapat memilah-milah parfum yang akan kita pakai di kesempatan yang berbeda-beda. Tetapi kalau ingin lebih simpel lagi bisa menggunakan jenis parfum Eau de Toilette, karena ini sangat cocok digunakan di setiap kesempatan.

Saat mencoba minyak wangi ketika hendak membelinya, sebaiknya tidak mencoba lebih dari 2 jenis dan usahakan kulit dalam keadaan kering.Tes minyak wangi langsung pada kulit pergelangan tangan.Ini lebih baik daripada sekadar mencium wangi parfum dari kertas tester, karena wangi yang timbul bisa berbeda.

Demikian juga saat memakai, sebaiknya tidak dituang ke tangan karena harumnya minyak wangi di tangan akan masuk ke dalam botol dan mempengaruhi keharumannya.

Agar baunya tetap melekat di tubuh, gunakan parfum semprot.Selain irit, percikan minyaknya bisa menyebar ke sekelilingnya.Bisa juga teteskan atau semprotkan minyak wangi ke kapas, tempatkan di dada, dengan demikian aromanya bisa bertahan lama.

1 komentar:

  1. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Parfum Ori
    Macam-macam aroma parfum.

    ----------

    BalasHapus